Rabu, 17 Oktober 2012

Nashville Effect

Saat saya melihat posting teman di FB dia ngeshare gambar dari sosial network instagram, meski fotonya biasa namun terkihat eye-catching. Setelah sekian lama mencari akhirnya saya tau nama efek itu "Nashville". Mungkin bagi kita yang tak punya gadget android tak bisa mencobanya, tetapi bagi kita yang punya Photoshop, efek seperti itu bisa dilakukan dengan langkah yang tak terlalu rumit dan hanya bermain layer adjustment ataupun adjustment. Tapi disini saya memilih memakai layer adjustment karenan apabila terjadi kesalahan tinggal mengulang kembali karena bentuknya layer sehingga tidak secara permanen menempel di gambar asli karena hanya berada diatas layer foto yang di edit sehingga bisa saja kalau hasilnya tidak pas tinggal dihapus layernya. Berikut hasil yang saya dapat dengan bermain layer adjustment :
 
Before
After


Nah, berikut cara membuat efek Nashville :
  1. Langkah pertama, klik Layer Adjustment Curve : rubah tingkat Output Green menjadi 37 dan tingkat Output Blue menjadi 171.
  2. Langkah kedua, klik Layer Adjustment Level : rubah tingkat Adjustment Midtone Input Level  menjadi 1.36 dan tingkat Adjustment Highlight Input Level  menjadi 236.
  3. Langkah ketiga, klik Layer Adjustment Brightness/Contras : tingkatkan Brightness menjadi +6 dan Contras menjadi +51.
  4. Langkah keempat, Layer Adjustment Curve : rubah tingkat Input Green menjadi 13 dan tingkat Input Blue menjadi 88.
  5. Langkah kelima,  Layer Adjustment Brightness/Contras : Turunkan tingkat Brightness  menjadi -6 dan tingkat Contras  menjadi +33.
  6. Langkah keenam, Layer Adjustment Curve : rubah tingkat Output Red  menjadi 4 dan tingkat Output Blue menjadi 24.
  7. Langkah ketujuh, Fill Layer Solid Color : ganti warna pada box warna dengan mengetik #ffdaad kemudian klik OK, setelah itu rubah Blending Mode Layer menjadi Multiply. 
Jadi langkah di atas adalah cara untuk mendapatkan gambar dengan efek Nashville, "SELAMAT MENCOBA".


NB: Tutorial ini tidak menampilkan screenshot saat proses editing karena saya berasumsi ada telah mengerti letak dan fungsi masing-masing preset tersebut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar